2. Latar belakang :
Pada awal Surat Yusuf, Surat Hud, Surat Ar Ro’d, Surat Ibrohim dll. tertulis sebagai berikut :
الر) (تلك ايات الكتاب الحكيم الر) (كتاب أحكمت اياته ... الاية
الر) (تلك ايات الكتاب المبين الر) (كتاب أنزلناه ... الآية
Tanpa ada tanda waqof, namun pada prakteknya boleh waqof pada ayat – ayat mutasyabihat tersebut.
Pertanyaan :
a. Apakah menurut Qiro’ah ’Ashim memang memperbolehkan demikian ?
b. Termasuk waqof apakah kalau kita waqof pada lafadh–lafadh tersebut ?
Jawaban :
a. Benar, bahkan menurut qiro’ah lain juga memperbolehkan.
b. Termasuk waqof tam dan ada yang mengatakan waqof hasan dengan menjadikan lafadh – lafadh tersebut menjadi maf’ul atau khobar dari mubtada’ ( mentaqdirkan lafadh اقرء atau هذه )
Keterangan a.l. dari :
المكتفى فى الوقف والإبتداء، ص:324
( الر.... (1) تام ، وقيل كاف ، وقد ذكر. تلك آيات الكتاب المبين
إرشاد الإخوان، ص : 83
ونحو الم ونحوه من حروف الهجاء فواتح السور الوقف عليها تام على أن يكون المبتدأ أو الخبر محذوفا أى هذا الم أو الم هذا أو على إضمار فعل أى قل الم على استئناف مابعدها وغير تام على أن يكون ما بعدها هو الخبر
إيضاح الوقف والإبتداء 2/730 ( سورة الرعد)
المر (1 ) وقف حسن (تلك آيات الكتاب )
إيضاح الوقف والإبتداء 2/ 710 (سورة هود )
( الر ) ( 1 ) وقف حسن إذا رفعت " الكتاب " بإضمار هذا كتاب ، فإن رفعت الكتاب بـ ( الر ) لم يحسن الوقف عليها
Sumber : Kumpulan Masa'ilul Qur'aniyyah Pondok Tahfidh YANBU’UL QUR’AN Kelurahan 24 Kudus
0 komentar:
Posting Komentar